Rabu, 05 Maret 2008

Poster Memperolok kota Mekah di Berlin

Seolah tak belajar dari pengalaman sebelumnya, kelompok seniman di Jerman membuat pameran dengan memperolok kota Mekah. Kabah disebut 'batu bodoh'

ImageHidayatullah.com--Masih subur saja kebencian yang dikait-kaitkan dengan Islam. Setelah pemuatan kartun bergambar Nabi Muhammad di Denmark dan rencana penayangan film “anti-Quran” di Belanda, kini muncul poster memperolok kota suci Mekah di Berlin, Jerman.

Sebuah galeri seni di Berlin, Jerman, menutup sementara pameran poster setelah salah satu poster yang dipajang memperolok-olok kota Mekah, yang merupakan tempat paling suci bagi umat Islam. Keputusan ini dikeluarkan menyusul ancaman yang diduga datang dari orang Islam.

Pameran ini diorganisir kelompok Denmark, Surrend, dengan alasan bahwa mereka ingin menentang ekstremisme agama. Poster yang dipajang itu menunjukkan pada gambar Kabah tertera tulisan 'batu bodoh' dalam bahasa Jerman.

Poster yang termasuk di antara 22 karya seni ini juga menunjukkan para jamaah Muslim sedang berjalan mengelilingi Kabah dan tulisan pada gelembung ucapan yang menyebutkan 'Zionis menduduki pemerintah', yang mengacu pada judul pameran.

Para seniman Denmark ingin membuat satire tentang teori konspirasi bahwa orang Yahudi berada di balik segalanya. Suatu pandangan yang lazim dianut neo-Nazi dan di sebagian belahan dunia Arab.

Tidak ada komentar: